DISKUSI DARING IAI 5 PROVINSI
MENUJU TITIK NOL - SERI 04

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Menyusun Cerita Baru
IAI JAKARTA



Jalan Raya Daendels atau Jalan Raya Pos (De Grote Postweg) sudah hampir berusia 210 tahun. Melintasi waktu, zaman, dan peristiwa, De Grote Postweg perlahan memudar dan menghilang. Kita tahu pernah ada jalur tram melintas di Meester Cornelis dan sekarang besi-besi bajanya tersembunyi di balik tembok hunian, terselimuti jalan-jalan modern dari waktu ke waktu. Dan, kita tahu beragam bangunan bergaya kolonial tersebar di sepanjang De Grote Postweg hingga ke arah luar Batavia. Hari ini tidak banyak jejak aslinya yang bisa kita temukan.

Batavia sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda saat itu memiliki kepentingan untuk terhubung langsung dengan wilayah-wilayah di sisi timur, seperti Cirebon, Semarang, Surabaya,  dan Barat seperti Banten. Daendels membuka jalan barunya mulai dari Weltevreden (Gambir), melalui sisi Timur Lapangan Banteng hingga ke kawasan Meester (Jatinegara), terus ke arah Pasar Minggu, lalu dlanjut ke Selatan menuju Buitenzorg (Bogor) dan seterusnya.

Penting bagi kita mencari dan menemu-kenali kembali jejak yang hilang itu. Mengumpulkan potongan kisah-kisah De Grote Postweg, lalu merajutnya dengan kisah-kisah lain dari zaman ke zaman yang tersebar di sepanjang jalur ini. Membahas dari kacamata sejarah, budaya dan perubahan morfologi kota, diskusi kali ini akan menguak banyak kisah menarik, termasuk meningkatkan apresiasi publik terhadap pertumbuhan kota Jakarta dan isinya.

Temuan-temuan baru ini akan digunakan untuk menyusun gagasan lebih lanjut berupa panduan pengembangan kota, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak di berbagai wilayah.

Narasumber :
- Bondan Kanumoyoso (Sejarawan)
- Mody Afandi (Peneliti Budaya)
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Moderator :
- Anneke Prasyanti (Praktisi Desain dan Peneliti )
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Jumat, 3 September 2021
18.30 - 21.30 WIB
Media : Zoom Online Meeting
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
KUM: 3
Bagi Anggota Profesional yang membutuhkan e-certificate, dikenakan biaya sebesar Rp 50.000
Biaya dapat ditransfer ke rekening
Bank Mandiri No 117 009 000 6925 an Ikatan Arsitek Indonesia.

Pendaftaran :
Anggota IAI Jakarta yang sudah memiliki Akun, silahkan KLIK DISINI
Umum dan Anggota IAI yang belum memiliki Akun, silahkan KLIK DISINI




https://bit.ly/nol2dgrote