Kali ini bangunan Konservasi Olveh 1879 karya Bhirawa Architects menorehkan namanya di Penghargaan IAI Jakarta 2017. Menang dalam penghargaan IAI Jakarta, Bhirawa Architects menunjukkan kemahirannya lewat bangunan konservasi di jantung Kota Tua, Jakarta, untuk kategori Bangunan Konservasi.

Pengumuman pemenang dibacakan saat Malam Penganugerahan Sabtu(29/04). Bhirawa Architect menyatakan kegembiraan dan menyebutkan “bahwa penghargaan ini sangat penting bagi arsitek profesional untuk memberikan semangat dan dorongan, karena kita  butuh dukungan dari publik maupun asosiasi.”

Bangunan yang berlokasi di Jln. Jembatan Batu No.50, Pinangsia, Taman sari, Jakarta Barat. Dijaman Belanda dikenal dengan daerah Vorrij Zuid, berada di selatan Taman Beos dan Stasiun Beos. Johannes Widodo  salah satu juri dalam penilaiannya menyatakan proyek konservasi OLVEH berpotensi sebagai sumber inspirasi dan edukasi publik mengenai sejarah kota, arsitektur dan teknik konservasi yang untuk jangka panjang memerlukan komitmen penuh dari pemilik/pengguna bangunan untuk memberikan akses publik.

Tak hanya itu juri Rudi Kurniawan menilai arsitek telah menunjukkan upaya dalam memenuhi 3 aspek pelesetarian yang meliputi: perlindungan (upaya konservasi), pengembangan (minimum intervention), serta aspek pemanfaatan kembali (adaptive-reuse).

Selain itu tujuan Bhirawa Architect melakukan konseravsi, diharapkan keberhasilan revitalisasi bangunan ini akan mampu menginspirasi pemilik bangunan tua lainnya di kawasan Kota Tua untuk turut melakukan revitalisasi pada bangunan mereka. Agar seluruh kawasan dapat ‘hidup’ kembali.

Lantas apa itu Penghargaan IAI Jakarta 2017 dan Bagaimana OLVEH 1879 dipandang tepat memenangkan kategori bangunan konservasi?

Penghargaan Kategori Bangunan Konservasi merupakan penghargaan untuk bangunan Konservasi, renovasi, rekonstruksi, restorasi, rehabilitasi dan revitalisasi. Dan di tahun 2017 ini merupakan tahun keempatnya sebagai program tahunan.

Tujuan dari program ini ialah menciptakan suatu program penghargaan yang mengingatkan publik pentingnya menjaga cagar budaya dan mengedukasi publik mengenai sejarah kota.

Melihat penjelasan di atas, maka hal ini jelas bahwa OLVEH 1879 ini dianggap terbaik dari sekian banyak bangunan konservasi lainnya dan dipandang pantas mendapatkan penghargaan yang diberikan.