Merayakan Karya Unggulan dan Peran Arsitektur Jakarta dalam Mendukung Perkembangan Ekonomi Kreatif Indonesia

                                                                                                                    

JAKARTA, 29 April 2017 — Pengurus Daerah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta pada hari Sabtu (29/04) menggelar malam penganugerahan Penghargaan IAI Jakarta 2017, bertempat di Ruang Auditorium Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Penghargaan IAI Jakarta 2017 merupakan ajang penghargaan tertinggi yang diberikan untuk karya arsitektur yang dirancang oleh anggota IAI dan berlokasi di wilayah DKI Jakarta. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2006 sebagai acara tiga tahunan, mulai tahun 2017 ini acara penghargaan IAI Jakarta akan digelar setiap tahun.

“Selain sebagai sarana untuk memberikan penghargaan dan apresiasi, program penghargaan ini bertujuan untuk memberi inspirasi bagi arsitek dan masyarakat luas untuk bekerja sama dalam membentuk kualitas lingkungan hidup manusia yang lebih baik,” tutur Steve J. Manahampi, Ketua IAI Jakarta usai malam penghargaan di Jakarta, Sabtu (29/4).

Baik arsitek, masyarakat dan semua pemangku kepentingan terkait, perlu memiliki fokus pada solusi berkelanjutan untuk menjawab tantangan masa kini dan masa depan kota Jakarta, ujarSteve. “Dengan demikian, solusi-solusi yang dihasilkan, termasuk solusi arsitektur,dapat menjadi solusi yang humanis, resilien dan kontributif,” tambahnya.

Program Penghargaan IAI Jakarta 2017 ini turut mendukung peran arsitektur di Indonesia sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang sangat pentingdalam pengembangan industri nasional menuju knowledge-based economydan dikelola oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia. Karya-karya penerima anugerah penghargaan dan apresiasi dalam program penghargaan IAI Jakarta diharapkan bisa memberikan inspirasi sebagai produk arsitektur dan ruang-ruang lingkungan hidup yang resilien, inklusif, berkelanjutan, memiliki karakter budaya dan kearifan lokal yang kuat.

IAI Jakarta dalam program-programnya juga akan terus gencar melakukan sosialisasi tentang arsitektur Jakarta dan Indonesia, untuk membantu menjawab tantangan utama arsitektur Indonesia yaitu kurangnya tenaga arsitek, yang berdasarkan data terakhir hanya berjumlah 15 ribu orang, serta masih kurangnya kepercayaan para pengembang besar terhadap jasa arsitek lokal. Salah satunya adalah dengan mengangkat para penerima anugerah Penghargaan mulai tahun 2017 ini menjadi Duta IAI Jakarta.

Para Duta IAI Jakarta 2017 akan dilibatkan dalam berbagai aktivitas strategis IAI Jakarta sampai dengan malam program penghargaan di tahun 2018. Mereka berperan menjadi perpanjangan IAI Jakarta untuk turut meningkatkan dan memacu semangat berkarya, memberi inspirasi, dan sebagai tolok ukur perkembangan arsitektur dan inovasi dalam arsitektur.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program IAI Jakarta selama ini. Ke depannya kami  bersama para Duta IAI Jakarta 2017 ingin untuk terus aktif memberi inspirasi dan melibatkan masyarakat dalam memajukan arsitektur di Jakarta maupun Indonesia, dan mendukung perkembangan ekonomi kreatif Indonesia,” tutup Stevanus.

 Daftar Penerima Anugerah Penghargaan dan Apresiasi IAI Jakarta 2017

Kategori-kategori yang dinilai dalam kategori penghargaan adalahbangunan hunian, bangunan komersial/usaha, bangunan publik, bangunan fasilitas khusus, dan bangunan fasilitas khusus. Sedangkan dalam kategori apresiasi, kategori-kategori yang diberikan apresiasi adalah hasil pemikiran dan penulisan, jasa dan mitra, dan pameran arsitektur. Selain itu terdapat kategori khusus penghargaan berupa Gold Medal yang diperuntukkan bagi arsitek anggota IAI yang berjasa dan memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan arsitektur di Indonesia.

Kategori Penghargaan


Kategori Apresiasi

  • Kategori Apresiasi Pemikiran/Penulisan Arsitektur
    Penerima Apresiasi:
    - Stensil Arsitektur, karya Peter Yogan Gandakusuma dan Murni Khuarizmi Hasan
    - SA’O Pusaka Pemersatu, karya Wita Simatupang, Shabrina Ramadhani dan Sandrak Manurung
  • Kategori Apresiasi Pameran Arsitektur
    Penerima Apresiasi:
    - Pameran Titik Awal, oleh Realrich Sjarief, IAI
    - Pameran Korowai, Papua, oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia.
  • Kategori Apresiasi Jasa & Mitra
    Penerima Apresiasi:
    - Veronica Tan
    - Goenawan Mohamad
  • Kategori Apresiasi Media & Program
    Penerima Apresiasi:
    - Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA)
    - Danny Wicaksono
  • Kategori Gold Medal
    Penerima Gold Medal: Adhie Moersid, IAI

Sekilas Tentang IAI Jakarta

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) didirikan di Bandung pada tanggal 17 September 1959, dan IAI DKI Jakarta berdiri secara resmi pada tanggal 4 Februari 1969. Pendirian IAI terdorong oleh keyakinan bahwa persatuan yang erat antara arsitek murni dapat mempertinggi mutu arsitektur di Indonesia. Maksud dan tujuan pendirian IAI antara lain melakukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk masyarakat pengguna arsitek, meningkatkan hak dan tanggung jawab arsitek serta memelihara rasa tanggung jawab para arsitek dalam melakukan tugasnya. Saat ini IAI Jakarta aktif menyelenggarakan Penataran Keprofesian Arsitek untuk berbagai strata, diiringi dengan acara Pelantikan Anggota Baru serta Penataran Kode Etik, dan Kaidah Tata Laku Arsitek.

Melihat selengkapnya dokumentasi malam penganugerahan Penghargaan IAI Jakarta 2017 di sini


Kontak Media

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:
Sekretariat IAI Jakarta
Jakarta Design Center Lt 7, Jl Gatot Subroto Kav 53, Jakarta Pusat
Tel: 021 - 530 4711
Email: sekretariat@iai-jakarta.org
Media Sosial IAI Jakarta:
Facebook fb.com/IAIJkt
Twitter @IAIJakarta
Instagram