• Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC 2017) adalah kompetisi yang diperuntukan bagi mahasiswa arsitektur semester akhir dan arsitek muda professional. 
  • Terdapat delapan tim pemenang untuk tiga kategori sayembara SMLYAC 2017 yakni kategori Residensial, Commercial dan Digital Working Space.
  • Sayembara SMLYAC 2017 merupakan bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap para calon arsitek muda di tanah air sekaligus untuk mengapresiasi bakat dan karya  mereka di bidang arsitektur.
  • Awarding Ceremony SMLYAC 2017 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

 

Jakarta, 30 November 2017, Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti di Indonesia, mengumumkan 8 tim pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2017 (SMLYAC). Pengumuman pemenang dikemas lebih menarik melalui acara Awarding Ceremony di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Sayembara yang berlangsung selama tiga bulan ini diumumkan ke publik pertama kali pada 17 September 2017 dan ditutup pada 12 November 2017. Delapan tim pemenang berasal dari tiga kategori sayembara yang berbeda yakni kategori Residential, kategori Commercial, dan kategori Digital Working Space, serta berhak mendapatkan hadiah total 450 juta rupiah.

Ketiga kalinya sayembara arsitektur berskala nasional ini diselenggarakan Sinar Mas Land dan ketiga kalinya pula sayembara ini sukses meraih respon positif dari para peserta yang  berasal dari jurusan arsitektur di tanah air. SMLYAC 2017 merupakan sebuah kesempatan besar bagi calon-calon arsitek dan arsitek muda professional terbaik negeri ini untuk menunjukkan potensi terbaik mereka melalui karya yang gemilang.

Panji Himawan, Head of Corporate Communication Sinar Mas Landdalam siaran pers hari ini mengatakan, “Sayembara SMLYAC kembali digelar Sinar Mas Land bekerjasama dengan Ikatan Aristek Indonesia (IAI) untuk yang ketiga kalinya sebagai bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap perkembangan dunia pendidikan, terutama bagi para arsitek muda yang karyanya tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan memberikan wadah untuk mengapresiasi karya-karya mereka, tentunya akan memberikan peluang bagi para arsitek muda untuk turut berkontribusi dalam pengembangan industri properti di Indonesia. Kami juga sangat berharap suatu hari nanti nama Arsitek Indonesia dapat menorehkan sejarah di dunia internasional melalui karyanya, dan siapa tahu orang tersebut adalah mantan pemenang dari SMLYAC”.

Berikut adalah nama-nama pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2017 yang diumumkan dalam acara Awarding Ceremony yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE):

 

Kategori Residential

  • Pemenang 1: Tim Elevated Terrace Park dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
  • Pemenang 2: Tim Sculpture Garden dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah
  • Pemenang 3: Tim Vana Residence dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, berhak mendapatkan hadiah uang senilai 25 juta rupiah

 

Kategori Commercial 

  • Pemenang 1: Tim Living Nest dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
  • Pemenang 2: Tim Net Working Chamber dari Universitas Tarumanegara, berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah
  • Pemenang 3: Tim E(Ssence) dari Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 25 juta rupiah

 

Kategori Digital Working Space

  • Pemenang 1: Tim The Equilirium dari Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
  • Pemenang 2: Tim Digital Crafting dari Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Pada tanggal 29 November 2017, 16 tim terbaik mempresentasikan karya mereka dihadapan dewan juri yang sudah berpengalaman di bidangnya. Adapun juri yang memberikan penilaian untuk kategori residensial adalah: Andra Matin (Founder Andra Matin Architect) serta Jefry Budiman (Founder Grain and Green). Juri di kategori Commercial: Achmad Noerzaman (President Director PT. Arkonin) dan Rafael David dari Aboday. Sedangkan juri di kategori Digital Working Space ada: Asdarianto Asmoeadji (Dirut ‎PT.Griksa Cipta) dan Her Pramtama (Dirut US&P Architect).

Bersamaan dengan kegembiraan para pemenang, Panji Himawan mengatakan, “Dengan bangga kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang, kami berharap sayembara SMLYAC 2017 dapat meningkatkan semangat seluruh calon arsitek muda di Indonesia untuk terus menuangkan ide baru dan inovasi lewat karya-karya yang gemilang. Bagi yang belum berhasil meraih juara, jangan berputus asa, tetap semangat untuk memberikan karya terbaik, karena sukses berawal dari sebuah kegagalan” 

 

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014),dan FIABCI Golden Award di Andora (2017).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clusteredresidential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk ribuan UKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 

 

Panji Himawan
Head of Corporate Communication
Sinar Mas Land
Tel : 021- 50 368 368
Email : panji.himawan@sinarmasland.com