Untuk menjadi Anggota dari IAI Jakarta, ada beberapa tahap yang harus ditempuh, dimulai dari Pendaftaran Calon Anggota Baru (seterusnya akan disebut sebagai CAB). Pendaftaran CAB dibuka bagi semua lulusan S1 jurusan Arsitektur dari universitas di dalam maupun luar negeri, dan dapat dilakukan melalui Portal IAI Jakarta (www.iai-Jakarta.org).Untuk CAB IAI Jakarta, berarti pendaftar berdomisili dan atau bekerja di wilayah DKI Jakarta.

Pertama-tama, bagi yang ingin mendaftar menjadi CAB harus memiliki akun (account) sebagai pengguna (user) di Portal IAI Jakarta. Silakan lihat proses pembuatan akun Portal di sini, dan saat mendaftar, cukup memilih sebagai pendaftaran calon anggota baru.

Siapkan dokumen-dokumen dalam format softcopy (hasil scan) untuk diunggah dalam proses pendaftaran CAB. Dokumen-dokumen yang diperlukan termasuk:

  • Ijazah
  • KTP
  • NPWP (jika ada)
  • 2 (dua) buah Surat Referensi (ReferenceLetter)
    Surat ini dibuat oleh seseorang yang sudah menjadi Anggota IAI, dan mereferensikan Anda menjadi Calon Anggota Baru (dapat didapatkan saat masa orientasi) . Surat referensi dapat berupa copy/scan dari kartu Anggota IAI Jakarta yang memberikan referensi, atau surat yang ditandatangani Anggota IAI Jakarta.

Proses pendaftaran CAB di dalam portal dapat diakses setelah Anda sign inlog in, pada halaman My Dashboard.

  • Di halaman My Dashboard, pada bagian kanan sebelah bawah, klik tautan Pendaftaran Calon Anggota Baru.
  • Isi formulir yang terdiri dari bagian-bagian Profile, Education, Employement dan Reference dan unggah dokumen-dokumen yang diminta. 
  • Setelah memastikan kelengkapan seluruh formulir, klik Register.

Setelah pendaftaran dilakukan, seluruh berkas formulir Pendaftaran CAB akan diperiksa oleh pihak Admin. Pendaftar akan dihubungi untuk proses pembayaran biaya administrasi dan iuran keanggotaan 1 tahun pertama IAI Jakarta sebesar total Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Proses administrasi dan biaya dilakukan dalam waktu 3x24 jam, dan status pendaftar dapat dilihat pada profil di dalam Portal IAI Jakarta (setelah log in, pada profil pengguna). Para Pendaftar CAB kemudian akan diundang untuk hadir dalam acara Penerimaan Calon Anggota Baru.