Penghargaan IAI Jakarta 2018 merupakan program lanjutan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta. Pada pelaksanaannya, penghargaan ini mengacu pada prinsip dasar kualitas dan pilar-pilar kompetensi IAI dalam berkarya dan mendorong terwujudnya kinerja arsitek di Indonesia yang lebih berkualitas.

Dalam membangun kontribusi yang riil dari profesi arsitektur, Program Penghargaan IAI Jakarta 2018 ini memberikan apresiasi dan inspirasi untuk solusi dan pemikiran arsitektur yang memberikan kontribusi riil terhadap kualitas hidup manusia, secara individu maupun bersama dalam konteks kota.

Kualitas hidup manusia secara langsung dibentuk oleh elemen fisik dan non-fisik yang harus bisa menanggapi tantangan kontemporer dari dimensi sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan Tidak terlepas pula dalam konteks kota, kualitas hidup kita sangat dipengaruhi oleh arahan kebijakan dan posisi geopolitis kota secara regional.

Adapun kategori yang akan diangkat dalam IAI Jakarta Penghargaan 2018 secara umum dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  1. Anugrah
  2. Apresiasi

Dari 2 kategori umum ini terdapat beberapa turunan lagi yang lebih khusus. Dalam penilaiannya pun terdapat juri-juri khusus yang sudah berpengalaman dan kompeten untuk menyaring dan menganalisa karya-karya yang akan masuk.

Kategori Anugrah merupakan kategori untuk memberi apresiasi kepada pihak-pihak yang telah membantu serta mendukug kemajuan dunia arsitektur baik sebagai mitra / klien / bagian dari arsitek itu sendiri, terdapat 7 kategori khusus didalamnya, yakni:

  1. Bangunan Hunian
    Berupa hunian tetap maupun hunian tidak tetap
  2. Bangunan Usaha / Komersial
    Terdiri dari perkantoran, perdagangan, pameran, pergudangan, industri / pabrik, laboratorium dan pelayanan kesehatan
  3. Bangunan Publik / Sosial Budaya
    Berupa fasilitas pendidikan, keagamaan, pelayanan kesehatan, kebudayaan maupun bangunan umum / sosial
  4. Bangunan Konservasi
    Berupa bangunan konservasi, renovasi, rekonstruksi, restorasi, rehabilitasi dan revitalisasi
  5. Intervensi Perkotaan 
    Karya yang menjadi bagian dari rancang kota atau kawasan
  6. Bangunan Fasilitas Khusus
    Merupakan bangunan dengan resiko tinggi atau bangunan dengan tingkat keamanan tinggi
  7. Tokoh Arsitektur (*)
    Pencapaian tertinggi bagi anggota IAI yang berjasa dan memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan arsitektur di Indonesia.


Kategori Apresiasi merupakan kategori untuk memberi apresiasi kepada pihak-pihak yang telah membantu serta mendukug kemajuan dunia arsitektur baik sebagai mitra / klien / bagian dari arsitek itu sendiri, terdapat 6 kategori khusus didalamnya, yakni:

  1. Pemikiran Arsitektur
    Penghargaan bagi arsitek maupun komunitas yang memberikan kontribusi, pemikiran maupun penelitian tentang perkembangan kinerja arsitek, berkarya dan menambahkan wacana asitektur di Indonesia
  2. Penulisan Arsitektur
    Penghargaan bagi arsitek anggota IAI Jakarta maupun bukan yang memberikan kontribusi signifikan dalam bentuk penulisan teori maupun praktek profesi arsitek
  3. Pameran Arsitktur 
    Penghargaan bagi arsitek, komunitas maupun lembaga yang memberikan kontribusi untuk memperkenalkan dunia arsitektur melalui pamerannya
  4. 35/35
    35 arsitek berumur dibawah 35 tahun yang memiliki potensi besar dalam berkarya.
  5. Jasa & Mitra (*)
    Penghargaan untuk masing-masing kategori mitra & klien arsitek yang telah mendukung karya arsitektur di Indonesia
  6. Program & Media (*)
    Penghargaan untuk masing-masing kategori program & media arsitek yang telah mendukung karya arsitektur di Indonesia

Dua kategori umum ini diharapkan bisa merangkul semua sisi dari dunia arsitektur yang sebelumnya belum tersentuh untuk bisa bersama memiliki semangat membangun Arsitektur Indonesia dimulai dari Ibu Kota Jakarta.

Program penghargaan tahunan IAI Jakarta bukan hanya momen merayakan arsitektur yang statis tetapi sebagai arena dimana kemudian secara kumulatif bisa menghasilkan "compendium" atau koleksi karya-karya arsitektur yang ringkas tetapi mendalam untuk mewakili konteks eksternal para arsitek melalui penelusuran proses, respons, dan strategi yang diunggulkan. Karena itu, selain memberikan platform terbaik pada karya-karya yang menerima anugerah, apresiasi maupun para arsitek yang terlibat didalamnya, IAI Jakarta juga dengan bangga mewakili semangat kebersamaan dalam profesi arsitektur secara menyeluruh dengan memberikan respek profesional terhadap semua karya arsitektur yang mendaftarkan diri Penghargaan IAI Jakarta 2018.

Unduh TOR & Formulir pendaftaran Penghargaan IAI Jakarta 2018 DI SINI

Pendaftaran dan pengiriman karya melalui email penghargaan@iai-jakarta.org dengan subject: PENGHARGAAN IAI JAKARTA 2018 - KATEGORI - NAMA PESERTA / KELOMPOK / BIRO

Dengan melampirkan :

  • Scan Formulir Pendaftaran.
  • KTP/SIM, NPWP.
  • Kartu Anggota IAI, IPTB, SKA & IMB (disatukan dalam format .pdf)


Contact : 021 5720366

Pengumuman:

Batas Pengiriman Karya : 18 Januari 2018