Penghargaan IAI Jakarta 2017: Merayakan Arsitektur Jakarta yang Humanis, Resilien, dan Kontributif

Dalam berkarya, semua arsitek selalu mempunyai dorongan untuk memberikan karya terbaik sesuai dengan profesionalisme, integritas dan kepeloporannya demi hadirnya pelayanan jasa arsitektur terbaik kepada pengguna dan masyarakat. Dorongan ini perlu didukung secara positif untuk memperkaya khasanah keprofesian arsitek sehingga juga peka terhadap dampak lingkungan, budaya dan sosial dengan mengacu pada prinsip dasar pilar-pilar kualitas karya dan kinerja dari arsitek Indonesia.

Penghargaan IAI Jakarta hadir sejak tahun 2006 dan merupakan program IAI Jakarta yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Program penghargaan ini hadir dengan komitmen untuk memberi apresiasi dan mendorong terciptanya iklim praktek profesi arsitek di Jakarta yang lebih produktif, berdaya saing dan beretika. Untuk meningkatkan peran sertanya, program penghargaan ini akan menjadi program tahunan terhitung mulai 2017.

Penghargaan IAI Jakarta adalah penghargaan tertinggi karya arsitektur yang berada dalam wilayah DKI Jakarta. Program ini juga dilaksanakan dalam rangka menciptakan wadah bagi arsitek dan para pemangku kepentingan agar bisa besinergi dalam membentuk kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, mempunyai prespektif terhadap solusi yang berkelanjutan dan peka terhadap tantangan dan konteks hari ini demi masa depan Kota Jakarta yang lebih baik. Tujuan ini sejalan dengan prinsip dari pilar-pilar kompetensi IAI Jakarta secara khusus yang mendukung lingkungan hidup HUMANIS, RESILIEN DAN KONTRIBUTIF dimana terdapat 13 pilar kompetensi IAI Jakarta yang terdapat di dalam TOR yang akan bisa diakses melalui Portal IAI Jakarta dan juga pada panduan kompetensi Sertifikat Keahlian Arsitek (SKA).

Adapun kategori yang akan diangkat dalam IAI Jakarta Penghargaan 2017 secara umum dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  1. Penghargaan
  2. Apresiasi

Dari 2 kategori umum ini terdapat beberapa turunan lagi yang lebih khusus. Dalam penilaiannya pun terdapat juri-juri khusus yang sudah berpengalaman dan kompeten untuk menyaring dan menganalisa karya-karya yang akan masuk.

Kategori Penghargaan merupakan kategori untuk memberi penghargaan kepada para arsitek atas karya desainnya terhadap kemajuan dunia arsitektur. Ukuran besaran dan estetika bukan lagi menjadi pertimbangan utama dalam penilaian melainkan 13 pilar kompetansi yang menjadi prinsip IAI Jakarta secara khusus lah yang menjadi poros penilaian guna mendukung lingkungan hidup yang HUMANIS, RESILIEN DAN KONTRIBUTIF. Terdapat 5 kategori khusus didalamnya, yakni:

  • Bangunan Hunian:
    Berupa hunian tetap maupun hunian tidak tetap, landed maupun vertikal.
  • Bangunan Komersial/Usaha:
    Berupa perkantoran, perdagangan, pergudangan, gedung pameran, industri /pabrik, laboratorium, pelayanan kesehatan dan lain sejenisnya.
  • Bangunan Publik/Sosial & Budaya:
    Berupa fasilitas pendidikan, pelayanan kesehatan, tempat ibadah, gedung kebudayaan maupun bangunan umum/sosial lainnya.
  • Bangunan Konservasi:
    Berupa bangunan/kawasan konservasi, renovasi, rekonstruksi, restorasi, rehabilitasi maupun ravitalisasi dengan bangunan/kawasan yang sudah ditetapkan masuk dalam kategori bangunan/kawasan lama oleh pemerintah.
  • Intervensi Perkotaan:
    Berupa karya yang merupakan bagian dari rancang kota atau kawasan.
  • Gold Medal:
    Merupakan pencapaian teringgi (lifetime achievement) kepada arsitek yang dinilai berjasa terhadap perkembangan wacana arsitektur Indonesia.

Kategori Apresiasi merupakan kategori untuk memberi apresiasi kepada pihak-pihak yang telah membantu serta mendukug kemajuan dunia arsitektur baik sebagai mitra / klien / bagian dari arsitek itu sendiri, terdapat 5 kategori khusus didalamnya, yakni:

  • Pemikiran Arsitektur
    Merupakan penghargaan bagi arsitek maupun komunitas yang memberikan kontribusi pemikiran dan yang berdasarkan penelitian dan pengembangan terhadap kinerja dan perkembangan wacana arsitektur Indonesia.
  • Penulisan Arsitektur
    Merupakan penghargaan bagi arsitek yang memberikan kontribusi signifikan dalam bentuk penulisan teori maupun praktek dari pofesi arsitektur.
  • Penghargaan Mitra, Klien dan Media
    Merupakan penghargaan untuk masing-masing kategori mitra / klien arsitek, program arsitektur dan media yang telah mendukung kinerja arsitektur Indonesia.
  • 30/30
    Merupakan kategori untuk memberikan apresiasi kepada 30 arsitek muda berumur dibawah 30 tahun berprestasi yang menjanjikan kinerja perkembangan dan wacana arsitektur Indonesia.

Dua kategori umum ini diharapkan bisa merangkul semua sisi dari dunia arsitektur yang sebelumnya belum tersentuh untuk bisa bersama memiliki semangat membangun Arsitektur Indonesia dimulai dari Ibu Kota Jakarta.

Kembali lagi, peran arsitek tidak lepas dari lingkungan sekitar kita. Kenyamanan karyawan bekerja dalam sebuah gedung perkantoran, sukacita para pelajar datang ke sekolah dengan gedung yang menyenangkan, rumah sakit dengan standar dan kualitas yang baik, taman / kawasan yang terintegrasi baik, itu semua tidak lepas dari peran arsitek. Disini IAI Jakarta sebagai asosiasi Arsitek bergerak untuk memberi semangat kepada rekan-rekan arsitek beserta mitranya berupa apresiasi untuk meningkatkan kualitas kerja untuk kebaikan Kota Jakarta.

Unduh TOR & Formulir pendaftaran Penghargaan IAI Jakarta 2017 DISINI

Pendaftaran dan pengiriman karya melalui email penghargaan@iai-jakarta.org dengan Subyek : Nama kategori_Nama Karya

Dengan melampirkan :

1. Form Pendaftaran
2. Bukti Pembayaran
3. SKA

Contact : 021 5720366


Pengumuman: 

Batas Pengiriman Karya : 12 Maret 2017