Oleh: Ivan
Editor: Sylvania Hutagalung

Keutamaan sebuah bangunan tidak hanya dinilai dari seefektif apa performanya secara fungsi. Bangunan yang didesain dengan baik juga harus mampu menonjol secara estetika. Potensi-potensi seperti ini, terutama dalam karya arsitektur dengan karakter komersial sering kali hanya akan ditonjolkan apabila dia dianggap akan memberikan benefit secara finansial. Apabila desain kantor dan toko memiliki potensi secara arsitektural , bagaimana dengan fungsi pergudangan? Apakah mungkin sebuah gudang memiliki nilai arsitektural?

Bangunan dengan fungsi pergudangan sarat dengan kegiatan industri ataupun fungsi penyimpanan. Sejatinya pergudangan merupakan area yang terbatas bagi publik untuk didatangi sehingga tidak dirasakan manfaat dan fungsinya. Bahkan, tidak memiliki konsep arsitektural karena pengutamaan fungsi gudang hanya sebagai tempat barang.

Salah satu karya yang telah mampu merepresentasikan jawaban tersebut adalah Kasana Office yang terletak di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat. Kantor workshop alat berat yang terletak di kawasan pergudangan di Jakarta Barat ini merupakan hasil karya d’Associates yang menjadi pemenang dalam IAI Jakarta Awards 2015. Selain memiliki representasi antara industri dan arsitektur, karya hasil arsitek Gregorius Supie Yolodi dan Maria Rosantina ini memenuhi standar kompetensi arsitek, sehingga dapat dipertanggungjawabkan antara hasil yang telah terbangun dengan kriteria penilaian juri.

Proyek dengan dua fungsi, kantor dan gudang ini, memiliki konsep tanggap akan situasi sekitar lokasi dan sistem pencahayaan natural yang efektif. Menurut D’Associates,sesuai dengan ciri fungsi bangunan yaitu kantor dan workshop,bangunan ini mempunyai asosiasi dengan kekuatan, ketegasan dan maskulinitas. Dengan orientasi bangunan yang mengarah ke barat, maka sistem penambahan layer bangunan sebagai pencegah panas diberikan. Konsepnya dengan menggunakan material plat besi berlubang yang dipergunakan sebagai penyaring panas dan pencahayaan. Plat ini juga merepresentasikan kegunaan bangunan tersebut.

Menurut Dewan Juri IAI Jakarta Awards 2015 untuk Bidang Komersial. Karya ini berhasil keluar dari tipologi bangunan industri tanpa adanya keringinan untuk menjadi ‘monumen’di tengah lingkungan area pergudangan,komersial dan perindustrian. Dalam jangka waktu yang lama, bangunan ini diprediksi akan menjadi bagian dari sekitarnya tanpa kecanggungan sebagai bangunan industri

Pandangan lain yang menjadi pertimbangan penghargaan untuk karya ini adalah penggunaan material yang benar dengan detail yang tepat, sehingga sederhana di bagian yang seharusnya sederhana, dan cermat di bagian yang memerlukan ketelitian, meskipun dewan juri memberi catatan bahwa seharusnya dapat lebih didukung dengan produk atau teknologi yang lebih baik sehingga detail yang sudah dipikirkan (pada penutup kaca depan) bisa lebih bertahan lama.

Interior Kasana Office menyeimbangkan kesan berat dan kesan lembut dengan baik (sumber : sayembara IAI)

Pemaparan dari dewan juri lain juga menyatakan bahwa bangunan ini memiliki kekuatan dari segi konsep fasad bangunan yang terlihat dari penggunaan penyaring matahari untuk menyaring panas terhadap ruangan dan juga pemanfaatan natural light secara maksimal, selain itu kesan antara unsur berat dan unsur lembut (soft) dapat dipadukan secara harmonis dalam bangunan ini, sehingga proyek ini memiliki poin yang sangat kuat dari segi perancangan dan pengetahuan arsitektur.

Karya ini seperti ingin membalikkan anggapan awam bahwa tipologi bangunan workshop, yang selama ini kerap lekat dengan bangunan tanpa nilai arsitektur,bisa tampil berkualitas. Secara arsitektural, pengolaha esetetika secara arsitektur sangat terasa dengan adanya reflecting pond dan keseimbangan antara bidang-bidan yang masif dengan bidang-bidang yang berpori sebagai respon terhadap sekitarnya. Estetika arsitektural tidak hanya didefinisikan pada elemen-elemen yang tampak saja, namun juga bagai mana estetika mampu memberi efek keruangan. Paduan keseluruhan pertimbangan desain pada bangunan dinilai sangat matang.

Sumber:
http://www.kasana.co.id (diakses 16 February 2017)
Sayembara IAI (diakses 16 February 2017)