Forum Biro #IAIJakarta mengadakan seminar dengan tema “PROFESI ARSITEK SETELAH UU NO. 6/2017 mengenai profesi arsitek yang disahkan tanggal 8 Agustus 2017 oleh Presiden Republik Indonesia. Pemapar akan membahas gambaran umum prosedur Profesi Arsitek yang diakui negara. Menjelaskan pengetahuan dan pemahaman mengenai posisi kesiapan mahasiswa/i arsitektur saat ini dan memaparkan rencana usaha-usaha dalam proses menghasilkan arsitek-arsitek muda yang beretika dan kompeten mengikuti standar UU yang berlaku. Disahkannya UU Arsitek No. 6/2017 bertujuan untuk:  

  • Memberikan landasan dan kepastian hukum bagi Arsitek
  • Memberikan pelindungan kepada Pengguna Jasa Arsitek dan masyarakat dalam Praktik Arsitek;
  • Memberikan arah pertumbuhan dan perkembangan profesi Arsitek yang berdaya saing tinggi serta memiliki keahlian dan hasil pekerjaan yang berkualitas
  • Mendorong peningkatan kontribusi Arsitek dalam pembangunan nasional melalui penguasaan dan pemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  • Meningkatkan peran Arsitek dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan serta menjaga dan mengembangkan budaya dan peradaban Indonesia.

Bab IV UU ini membahas ketentuan-ketentuan PERSYARATAN ARSITEK yang dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: Persyaratan, Registrasi, Lisensi & Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Dari ketentuan Bab IV tersebut di atas, akan berdampak pada Profesional/Praktisi Praktik Arsitek di Indonesia karena tercantum di Pasal 6 butir 1 yang menyatakan, “Untuk menjadi Arsitek, seseorang wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek.” Dengan berbagai ketentuan yang dijabarkan berikutnya di pasal-pasal dan bagian-bagian berikutnya.

Dari ketentuan dalam Bab IV tersebut, para lulusan baru (fresh graduate) program arsitektur (baik D3 maupun S1), diharapkan memahami dan menjalankan prosedur yang telah ditentukan, sehingga layak menjadi seorang Arsitek yang diakui oleh negara.

Narasumber:
1.  Endy Subijono, IAI– Ketua IAI DKI Jakarta 1994
2.  Hendrajaya Isnaeni, IAI – Ketua Badan Pendidikan Arsitek IAI
3.  Pris Marzuki, IAI–Technical Director PTI Architects

Sabtu,7 Oktober 2017,
Pukul 13.30 s.d. 15.30
Jakarta Convention Center.

RSVP di sini