PENATARAN KEPROFESIAN

Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Perkotaan dan Pertanahan (Strata I)?

Jawab:

Pembahasan mengenai pentingnya peranan tanah dalam pembangunan untuk masa kini & mendatang; Kebijakan – kebijakan pengelolaan pertanahan; Fungsi, peran, wewenang & tanggung jawab instansi Badan Pertanahan Nasional/ Daerah; Peraturan - peraturan pertanahan yang perlu diketahui & dipahami oleh perencana arsitektur; Kasus - kasus perencanaan yang berkait dengan pertanahan.

Pentingnya peran Penataan Kota dalam pembangunan fisik, pada masa kini dan masa datang; Kebijakan - kebijakan pengelolaan tata kotaan; Fungsi, peran, wewenang & tanggung jawab instansi tata kotaan Pemerintah Daerah; Peraturan- peraturan yang perlu diketahui & dipahami oleh perencana arsitektur; Kasus - kasus perencanaan yang terkait dengan penataan kota.


Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Peraturan Bangunan Gedung (Strata II)?

Jawab:

Pembahasan mengenai peraturan pembangunan fisik & perijinan untuk masa kini dan mendatang; Kebijakan Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan pembangunan fisik kota & daerah; Fungsi, peran, wewenang dan tanggung jawab instansi/ dinas-dinas teknis Pemerintah Daerah yang menangani kebijakan pengelolaan pembangunan & perijinan serta pembangunan fisik.

Masalah yang dihadapi Pemerintah Pusat dan Daerah terkait dengan perencanaan arsitektur & lingkungan; Peraturan yang perlu diketahui & dipahami oleh perencana arsitektur & lingkungan.


Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Perencanaan Arsitektur dan Lingkungan (Strata III)?

Jawab:

Pembahasan mengenai: pentingnya masalah sosial, budaya, psikologi & politik masa kini dan masa datang; Ruang lingkup masalah sosial, budaya psikologi & politik yg sangat perlu diperhatikan oleh arsitek dalam merencanakan bangunan & lingkungan; Masalah perencanaan arsitektur & lingkungan yang kurang memperhatikan faktor sosial, budaya, psikologi & politik; Perencanaan arsitektur & lingkungan yang berwawasan sosial, budaya, psikologi dan politik.


Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Hubungan Arsitek dengan Penguna Jasa (Strata IV)?

Jawab:

Pembahasan mengenai: memahami kehendak, harapan, tujuan pemberi tugas masa kini & masa datang; pandangan, harapan, tujuan kontraktor terhadap pelayanan jasa arsitek/ perencana; Pandangan, harapan, tujuan pengembang terhadap pelayanan jasa arsitek/perencana; Pandangan, harapan, tujuan penyandang dana terhadap pelayanan jasa arsitek/ perencana.


Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Manajemen Proyek Multi Disiplin (Strata V)?

Jawab:

Pembahasan mengenai : peran & fungsi arsitek sebagai koordinator proyek perencanaan multidisiplin; Unsur - unsur yang perlu dikuasai arsitek sebagai koordinator perencanaan multidisiplin; Langkah – langkah koordinasi yang dilakukan dalam proses pemrograman, pra- rancangan serta pengembangan rancangan arsitektur berkaitan dengan disiplin perencanaan lain;

Kendala & permasalahan yang timbul dalam koordinasi perencanaan; Peranan & dukungan perencanaan struktur – mekanikal – elektrikal – interior – lansekap – Kuantitas Surveyor dalam perencanaan.


Apakah isi materi Penataran Keprofesian tentang Manajemen Biro Konsultan (Strata VI)?

Jawab:

Pembahasan mengenai : eksplorasi pengetahuan tentang manajemen biro arsitek; Pandangan tentang peluang pekerjaan bagi biro arsitek dengan keikutsertaan Indonesia dalam forum AFTA 2003, APEC, dan WTO; Pandangan tentang manajemen biro arsitek di Indonesia, baik yang berada di kota besar, maupun daerah, potensi, maupun kendala yang ada; Pandangan tentang manajemen biro arsitek dari luar negeri yang masuk di Indonesia.; bagaimana strategi manajemen yang perlu dilakukan bagi biro - biro arsitek agar dapat berkembang di masa datang; bagaimana strategi manajemen kontrol dilakukan dalam pengendalian pekerjaan perencanaan & perancangan; bagaimana strategi manajemen pengawasan pelaksanaan pembangunan dijalankan agar menghasilkan produk yang sesuai dengan hasil perencanaan.


Bagaimana cara mendaftar Penataran Keprofesian Strata?

Jawab:

Pendaftaran peserta Penataran Keprofesian Strata bisa melalui portal IAI Jakarta di member.iai-jakarta.org dan melakukan registrasi akun terlebih dahulu jika belum mempunyai akun pada portal IAI Jakarta.


Berapa biaya mengikuti Penataran Keprofesian Strata?

Jawab:

Biaya untuk mengikuti Penataran Keprofesian Strata adalah Rp 550.000,- / strata.


Bagaimana tahapan-tahapan dalam mengikuti Penataran Keprofesian Strata?

Jawab:

  1. Peserta mendaftar melalui Situs member.iai-jakarta.org
  2. Peserta akan mengikuti 2 (dua) tahap penataran:
    1. Tahap Belajar Mandiri
    2. Tahap Tatap Muka
  3. Tahap Belajar Mandiri yaitu mempelajari materi dan mengerjakan kuis pada situs yang telah di sediakan (www.penataran-iai.org).
  4. Peserta harus menuntaskan seluruh kuis yang tersedia dan tidak diperkenankan meninggalkan jawaban dalam keadaan kosong.
  5. Peserta diberikan kurun waktu tertentu untuk mengakses situs.
  6. Peserta yang dinyatakan Lulus Tahap Belajar Mandiri Online akan diundang/diperkenankan untuk mengikuti Tahap Tata Muka (ditatar secara langsung oleh Penatar).
  7. Peserta yang tidak menuntaskan kuis pada Tahap Belajar Mandiri tidak diundang/ diperkenankan untuk mengikuti Tahap Tata Muka.
  8. Peserta pada kondisi poin 8 akan diberikan kesempatan 1 (satu) kali lagi untuk mengulang proses penataran Keprofesian Strata pada jadwal berikutnya dan peserta harus membayar kembali sebesar Rp. 150.000,- / strata.
  9. Peserta yang hadir terlambat lebih dari 15 menit dianggap tidak hadir / tidak diperkenankan untuk mengikuti tahap Tatap Muka.
  10. Peserta dengan kondisi poin 10 akan diberikan kesempatan 1 (satu) kali lagi untuk hadir kembali dalam Tahap Tatap Muka pada jadwal berikutnya dan peserta harus membayar kembali sebesar Rp. 300.000,- / strata.
  11. 12. Peserta yang tidak hadir pada tahap Tatap Muka tanpa pemberitahuan minimum 7 (tujuh) hari sebelumnya, maka biaya yang telah di bayarkan dianggap hangus/tidak dapat dikembalikan.
  12. 13. Jika peserta kurang memahami ketentuan tersebut di atas, mohon segera menghubungi sekretariat IAI Jakarta di (021- 5304719 / 0812 8749 4656).