Untuk memasyarakatkan pemahaman penggunaan BIM sebagai metodologi dalam perencanaan dan konstruksi bangunan yang mengkolaborasikan berbagai perangkat lunak CAD/CAM/BIM, dan mengintegrasikan pertukaran informasi keseluruhan aspek dalam mendesain kedalam sebuah model virtual maka perlu diperkenalkan pengertian, cara dan keuntungan yang diraih melalui metodologi BIM.

Dengan menggunakan metode BIM maka sejak proses perencanaan telah dapat ditentukan sistem dan jenis konstruksi, dan kemungkinan permasalahan konstruksi pada bangunan yang akan timbul. Di dalam sebuah bangunan, fasad merupakan suatu elemen yang sangat penting selain sebagai estetika, fasad sebuah bangunan juga memiliki peran dalam konsumsi dan optimalisasi energi.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam desain dan perencanaan konstruksi fasad, dibutuhkan suatu sistem pertukaran informasi dalam perancangan yang jelas dari desainer, arsitek, enjineer sampai kepada kontraktor. Metodologi ini menjadi faktor kunci dalam menunjang kolaborasi yang efektif bagi para pihak perencana dan pembangun.

Luasnya potensi pemanfaatan teknologi BIM sebagai alat bantu kerja arsitektur, Enjiniring dan Konstruksi, mendorong terciptanya implementasi dalam berbagai bidang. Forum BIM kali ini akan melihat metodologi BIM dalam proses pencarian bentuk dan desain fasad bangunan, serta simulasi dan pengujian performanya.

Jumat, 6 Oktober 2017
13.30-15.30 WIB
Jakarta COnvention Center (JCC)
Prefunction Hall B

KUM: 2


Silakan melakukan pendaftaran di sini