Bidang penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta telah meluncurkan Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta Awards (IAI Jakarta Awards 2020) pada acara talkshow tanggal 4 Mei 2019 yang lalu di CASA Indonesia, Grand Ballroom Pacific Place Mall, Jakarta. Pada acara ini, hadir dua narasumber, yaitu Budiman Hendropurnomo, IAI., Adi Purnomo, IAI, dan moderator Albertus Prawata, IAI. Pada kesempatan tersebut, moderator acara sekaligus pengurus bidang penghargaan IAI Jakarta, menyampaikan bahwa untuk tahun kepengurusan IAI Jakarta periode 2019-2021, pelaksanaan rangkaian acara IAI Jakarta Awards 2020 akan melalui seuatu proses yang cukup panjang. Rangkaian acara, dan kegiatan bidang penghargaan ini akan dilanjutkan oleh pengumpulan karya, penjurian karya, penganugrahan penghargaan, sampai dengan pendokumentasian karya menjadi suatu buku publikasi di tahun 2021 nanti. Pada kegiatan ini juga, bidang penghargaan IAI Jakarta akan membuka 10 kategori penghargaan kepada para arsitek, dan apresiasi bagi warga, pengguna jasa arsitek, sampai dengan lembaga-lembaga yang terikat dengan perkembangan dan kemajuan arsitektur dan profesi arsitek. Bidang penghargaan IAI Jakarta membuka peluang bagi para arsitek professional dari seluruh Indonesia yang memiliki karya di Jakarta untuk dapat ikut serta dalam pendaftaran karyanya. Begitu juga dengan para arsitek professional DKI Jakarta yang memiliki proyek baik didalam maupun diluar provinsi DKI Jakarta, dapat segera mendaftarkan karyanya. Selaku pemenang pada kategori bangunan komersial IAI Jakarta Awards 2018 yang lalu, Bapak Budiman Hendropurnomo, menyampaikan pentingnya kegiatan IAI Jakarta Awards ini untuk bisa menumbuhkan semangat bagi arsitek-arsitek untuk bisa berkarya dengan baik. Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Bapak Adi Purnomo, selaku pemenang pada kategori bangunan hunian IAI Jakarta Awards 2018, mengharapkan agar IAI Jakarta awards mendatang dapat diikuti oleh banyak arsitek. IAI Jakarta berharap dengan adanya kegiatan penghargaan ini, apresiasi dan juga peran arsitek akan semakin dikenal dikalangan masyarakat luas.

Kategori penghargaan IAI Jakarta ini adalah:

1. Kategori Karya Tulis Arsitektur 
Kategori penghargaan Karya tulis arsitektur ditujukan bagi anggota IAI baik anggota professional maupun anggota biasa, dimana karya tulis tersebut dapat berupa buku atau artikel yang telah diterbitkan dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

2. Kategori Pameran Arsitektur
Kategori penghargaan Pameran Arsitektur ditujukan bagi anggota IAI baik anggota professional maupun anggota biasa, yang berperan sebagai penyelenggara atau penanggung jawab suatu pameran arsitektur yang telah terlaksana dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

3. Kategori Bangunan Hunian Pribadi
Kategori penghargaan Bangunan Hunian Pribadi ditujukan bagi anggota professional IAI. Akan ada empat kategori luas bangunan yang akan masuk kedalam kategori ini, yaitu bangunan hunian pribadi dengan luas bangunan <60 m2, 60-100m2, 100-200m2, dan >200m2. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

4. Kategori Bangunan Hunian Publik
Kategori penghargaan Bangunan Hunian Publik ditujukan bagi anggota professional IAI. Jenis bangunan hunian publik tersebut meliputi bangunan Hotel dan Apartemen. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

5. Kategori Bangunan Komersial
Kategori penghargaan Bangunan Komersial ditujukan bagi anggota professional IAI. Jenis bangunan komersial tersebut meliputi bangunan Kantor, Ruko, Mixed-use, dan Restauran. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

6. Kategori Bangunan Publik 
Kategori penghargaan Bangunan Publik ditujukan bagi anggota professional IAI. Jenis bangunan publik tersebut meliputi bangunan Bangunan Ibadah, Pasar, Sekolah, Rumah Sakit, Perpustakaan, dan Fasilitas Transportasi Publik. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

7. Kategori Bangunan Konservasi
Kategori penghargaan Bangunan Konservasi ditujukan bagi anggota professional IAI. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

8. Kategori Bangunan Rumah Tinggal (Township Development)
Kategori penghargaan Bangunan Rumah Tinggal ditujukan bagi anggota professional IAI yang terlibat perannya dalam perancangan rumah tinggal dalam lingkup township development. Akan ada empat kategori luas bangunan yang akan masuk kedalam kategori ini, yaitu bangunan rumah tinggal  dengan luas bangunan <60 m2, 60-100m2, 100-200m2, dan >200m2. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

9. Kategori Bangunan Komersial (Township Development) 
Kategori penghargaan Bangunan Komersial ditujukan bagi anggota professional IAI yang terlibat perannya dalam perancangan bangunan komersial dalam lingkup township development. Jenis bangunan komersial tersebut meliputi bangunan Ruko, Clubhouse & Community Area. Bangunan tersebut harus sudah selesai/ terbangun dalam kurun waktu tahun 2015-2019.

10. Kategori Apresiasi Khusus untuk warga dan komunitas.
Untuk kategori apresiasi khusus, akan dibagi menjadi dua penghargaan bagi warga dan juga komunitas yang berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan binaan yang baik.


Salah satu syarat terkait lokasi karya arsitektur yang dapat dimasukan untuk mengikuti IAI Jakarta Awards 2020 ini tidak diharuskan berada dalam kawasan DKI Jakarta. Dengan demikian, adanya IAI Jakarta Awards 2020, IAI Jakarta berharap, para arsitek, warga dan juga lembaga-lembaga yang terlibat dalam mengembangkan bidang arsitektur mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang baik.

Informasi lainnya terkait tata cara dan pelaksanaan kegiatan IAI Jakarta Awards ini dapat dilihat dan diunduh melalui website IAI Jakarta (www.iai-jakarta.org).


JADWAL & PROSES PEMASUKAN KARYA IAI AWARDS 2020

  • Pemasukan Karya (Tahap Pertama): 1 Juni 2019 – 31 Oktober 2019
  • Seleksi Karya (Tahap Pertama): 1 November 2019 – 30 November 2019
  • Pengumuman Pemasukan Karya (Tahap Pertama): Desember 2019
  • Pemasukan Karya (Dokumen/ Gambar) pelengkap (Tahap Kedua): 1 Januari 2020 – 28 Februari 2020.
  • Seleksi Karya (Dokumen/ Gambar) pelengkap (Tahap Kedua): 28 Februari 2020 – 30 Maret 2020
  • Pengumuman Nominator IAI Jakarta Awards 2020: 15 April 2020.
  • Penjurian Nominator IAI Jakarta Awards 2020: TBC
  • Pameran Nominator IAI Jakarta Awards 2020: TBC
  • Awarding Night IAI Jakarta Awards 2020: IAI Jakarta Design Week 2020 (TBC)


TATA CARA & SYARAT KLIK DISINI

FAQ IAI JAKARTA AWARDS KLIK DISINI

FORMULIR KLIK DISINI