Potensi-potensi Arsitektur Indonesia yang akan digali dalam Festival Arsitektur ini diharapkan dapat menjadi katalis lahirnya pemikiran-pemikiran baru (future thinking) tentang perkembangan dan peran Arsitektur bagi Indonesia di masa mendatang, dan bagi kota Jakarta pada khususnya. IAI Jakarta membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh anggota IAI dimanapun berada untuk menjadi Kurator utama JAT 2018.

Kerangka Acuan Kerja ini disiapkan sebagai Pedoman Seleksi Kurator Jakarta Architecture Triennale 2018. Jakarta Architecture Triennale (JAT), merupakan Festival Arsitektur berskala internasional yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali, dimulai sejak 2009 oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta. Hingga saat ini JAT 2018 akan menjadi JAT yang ke-4.

Adapun tema-tema JAT yang sudah pernah dilaksanakan, antara lain Affording Archirecture (pada JAT 2009), Architect for People (pada JAT 2012) dan tema Locality, Playful & Innovation (pada JAT 2015).

Kegiatan Open Call atau Seleksi Kurator Jakarta Architecture Triennale 2018 ini ditujukan untuk mencari Kurator yang memiliki ide atau konsep tema terbaik untuk dijadikan tema utama Jakarta Architecture Triennale 2018. Kurator terpilih beserta timnya akan menjadi penanggung jawab substansi dan rancangan rangkaian program kegiatan JAT 2018 selama 3 (tiga) bulan yang diperkirakan akan dimulai pada pertengahan tahun hingga bulan Agustus 2018.

Seperti penyelenggaraan JAT sebelumnya, Jakarta Architecture Triennale 2018 merupakan kegiatan unggulan pada tiap periode kepengurusan IAI Jakarta, yang diharapkan dapat membawa Arsitektur Indonesia ke kancah global. 

Ketua IAI Jakarta, Steve J. Manahampi, IAI, AA bersama tim Steering Committee JAT 2018, mengharapkan agar tema JAT 2018 dan berbagai kegiatan di dalamnya diramu untuk dapat mengeksplorasi potensi Arsitektur Indonesia yang diharapkan dapat menjadi katalis lahirnya pemikiran-pemikiran baru (future thinking) tentang perkembangan dan peran Arsitektur bagi Indonesia di masa mendatang, dan bagi kota Jakarta pada khususnya.

 Kurator Jakarta Architecture Triennale (JAT) 2018, tidak hanya akan mengajukan tema , namun juga mengajukan bentuk penyajian/ kegiatan utama atas temanya tsb termasuk tempat penyelenggaraannya. Rangkaian kegiatan JAT 2018 diharapkan dapat ditampilkan dalam format kontemporer yang menarik dan menjawab tantangan jaman.


Segera daftarkan tim anda melalui :
sekretariat@iai-jakarta.org

Batas akhir pendaftaran : 22 Januari 2018

Batas akhir pemasukan proposal : 4 Februari 2018

Unduh KAK Seleksi Kurator JAT 2018 di sini